tugas essay keiza

 

  1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
Algoritma adalah kumpulan langkah2 instruksi yg digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalaanwPerancangan algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti menganalisa data secara logis dan menciptakan solusi dengan menggunakan langkah-langkah yang diperintahkan.

2. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

Cara yg ke-1 dgn menggunakan Pseudocode : Rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
Cara yg ke-2 dgn menggunakan Flowchart : Diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar yang berbeda-beda.

k

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

  1. # Jalankan program RoboMind.

  2. # Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.

  3. # Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea.

  4. # Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R.

  5. # Tambahkan Forward(3), Left, Forward(8), Right.

  6. # Tambahkan huruf I, Paintwhite, Forward (2), dan StopPainting.

  7. # Tambahkan Right, Forward(2), Left, dan Backward(2).

  8. # Tambahkan huruf A dan A ( )

  9. # Tambahkan program-program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode seperti tadi.

  10. # Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut.

  11. # Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
Variabel adalah sesuatu yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah, dapat berupa teks/istilah, Yes/True, dan No/False.Tipe data adalah yang akan menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh suatu variabel.

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat kita lakukan seperti ini:

string nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya.Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi.Kita juga dapat membuat variabel dengan mengisinya langsung.


6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

1. Tipe data Boolean

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True/False.

2. Tipe data Numerik

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.

3. Tipe data Teks/String

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.


7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

Tipe data Numerik

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.

Tipe data Teks/String

Penjelasan : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.


8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

 Robo main dak adalah sebuah aplikasi pemrograman sederhana untuk tujuan pendidikan aplikasi ini memiliki berbagai aturan pemrograman sendiri untuk melatih para pemula dalam mempelajari dasar dasar logika pemrograman aplikasi ini menujukkan simulasi robot yang dapat digerakkan dengan perintah perintah yang tersedia untuk memperkenalkan teknik teknik pemrograman aplikasi ini juga bertujuan  untuk Robotika dan Artifisial.

9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

Start

Move’posisi awal

Write K

Move’posisi awal

Write E

Move’posisi awal

Write I

Move’posisi awal

Write Z

Move’posisi awal

Write A


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIS BERMEDIA DIGITAL

LATIHAN AKHIR BAB 4

AYOK MEMBACA !